Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Memori Server
Image Source: freepik.com

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Memori Server

Pertama-tama yang perlu kita bicarakan adalah DDR, DDR adalah kecepatan data ganda yang merupakan semua memori sekarang. Sejak DDR keluar, ia melewati beberapa generasi DDR, DDR2, DDR3 dan sekarang DDR4. Generasi memori yang berbeda ini memiliki kecepatan yang berbeda saat kecepatan transfer puncak meningkat melalui teknologi.

Kecepatan DDR2

DDR2 baru pada tahun 2003, dan dimulai dengan kecepatan transfer puncak 3200MB/s. Seiring waktu kecepatan transfer DDR2 menjadi tersedia di 4266, 5333 dan bahkan 6400. PC2-5300 adalah yang paling umum digunakan setelah diterima secara luas. Itu masih digunakan di banyak server dan masih dapat ditemukan untuk dibeli untuk mesin yang lebih tua.

Kecepatan DDR3

DDR3 muncul pada tahun 2007 dan dengan itu datang kecepatan yang lebih tinggi. Ada pengukuran kecepatan lain selain kecepatan transfer puncak, seperti kecepatan data, yang diukur dalam MT/s serta jam bus I/O, tetapi untuk kesederhanaan kami akan tetap menggunakan kecepatan transfer puncak untuk artikel ini. DDR3 dimulai dengan kecepatan 6400, tetapi yang lebih umum digunakan adalah kecepatan seperti 8533, 10666 dan 12800. Itu akan menjadi kecepatan yang paling banyak digunakan meskipun ada juga 14933 dan bahkan 17066 PC-3 atau DDR3.

Kecepatan DDR4

Pada tahun 2012, JEDEC, perusahaan yang mengawasi spesifikasi teknis untuk keseragaman, merilis standar untuk DDR4. Dengan itu datang memori DDR4 baru dengan kecepatan transfer puncak termasuk 12800, 14933, 17066 dan 19200MB/s. Seperti transisi lain ke kecepatan memori yang lebih baru yang tersedia pada generasi terakhir semuanya tidak digunakan karena kecepatan yang lebih tinggi diterima secara luas.

Dengan setiap generasi baru, kami memiliki perbedaan di lubang kunci, yaitu slot untuk memastikan modul memori yang benar digunakan. Memori dari generasi yang salah tidak dapat digunakan di mesin yang tidak mendukungnya, dan memiliki slot kunci memastikan modul yang salah tidak dimasukkan.

Baca Juga:  7 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop Anda

Variasi lain pada memori Server adalah unbuffered, sepenuhnya buffer, atau terdaftar. Banyak server hanya dapat menggunakan memori tanpa buffer, atau hanya terdaftar, atau hanya sepenuhnya buffer. Perbedaannya adalah bagaimana memori bereaksi terhadap informasi yang diberikannya. Memori yang tidak disangga umumnya tidak memiliki pemeriksaan dan koreksi kesalahan, dan karena itu bukan ECC. Sementara buffer penuh, dan memori terdaftar termasuk pengecekan dan koreksi kesalahan.

Seiring dengan pemeriksaan kesalahan dan koreksi memori yang terdaftar dan buffer penuh memiliki chip tambahan. Chip ini berkomunikasi dengan CPU secara langsung dan kemudian mendistribusikan informasi untuk diproses di modul memori chip lainnya. Dengan memori unbuffered, CPU harus mengirim informasi ke masing-masing chip pada modul memori. Ini berarti peningkatan beban pada CPU saat menggunakan memori tanpa buffer vs terdaftar atau buffer penuh. Buffer penuh hanya digunakan secara luas dengan DDR2 karena DDR3 menjauh darinya dan menjadi hanya terdaftar atau tidak memiliki buffer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *