Cara Menanam Log Shiitake di Taman Rumah

Kayu shiitake yang ditanam di rumah memiliki rasa yang lebih unggul dengan penampilan dan tekstur jika dibandingkan dengan produk yang tersedia secara komersial. Dengan sedikit pengetahuan tentang menanam kayu gelondongan dan usaha, Anda bisa menanam produk ini di pekarangan rumah. Bergantung pada kemampuan dan kebutuhan, Anda dapat memulai rencana menumbuhkan log. Pada awalnya, Anda membutuhkan ruang yang dialokasikan untuk tujuan ini. Budidaya kayu gelondongan adalah salah satu hal terpenting yang perlu diketahui karena Anda membutuhkan kayu bulat dengan ukuran tertentu. Untuk membuat kayu gelondongan lembab, Anda harus membiarkannya di dalam air selama beberapa hari.

Mengidentifikasi log

Ini adalah langkah penting lainnya yang terdiri dari proses menumbuhkan shiitake. Untuk Shiitake Logs Anda harus mengidentifikasi yang terbaik dan mendapatkannya dari pohon kayu keras yang baru saja ditebang. Meskipun spesifikasi log dapat berubah, Anda dapat memotongnya menjadi ukuran yang sesuai untuk mencapai target Anda. Ada pohon yang berbeda dari mana Anda dapat memotong bagian kayu untuk Shiitake Spawns tetapi pastikan Anda berkonsultasi dengan seorang profesional dengan pengalaman yang memadai untuk mengetahui semuanya secara keseluruhan. Membeli log jamur untuk dijual adalah ide lain yang dapat Anda andalkan untuk meningkatkan produksi. Kualitas kayu gelondonganlah yang dapat mendorong pertumbuhan jamur. Setelah Anda menyelesaikan proses mendapatkan Log Jamur Shiitake, Anda akan dapat menumbuhkan jamur di dalamnya untuk waktu yang lama. Log harus dibiarkan beberapa saat agar fungisida mati sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.

Membeli dan mengisi bibit

Selanjutnya adalah langkah untuk mendapatkan bibit jamur shiitake baik berupa serbuk gergaji, sumbat atau bidal. Ada banyak portal online yang menjual bibit yang dibutuhkan untuk jamur shiitake yang menawarkan jenis dan karakteristik berbeda. Untuk setiap log, Anda akan membutuhkan sejumlah spawn tertentu. Setelah ini, Anda perlu mengebor lubang di batang kayu dan semuanya harus dilakukan di sekeliling batang kayu. Anda harus memasang spawn di lubang. Setelah mengisi lubang dengan bibit Anda harus menutupinya dengan lilin berkualitas baik yang food grade seperti lilin lebah untuk menghindari kontaminasi.

Baca Juga:  Cara Menghasilkan Uang Secara Online Tanpa Harus Membayar

Menyimpan log

Anda harus menumpuk kayu gelondongan pada sesuatu atau meletakkannya di tanah, sebaiknya di atas hamparan jerami. Idealnya, tempat di mana kayu ditempatkan harus teduh. Namun, sirkulasi udara harus baik dan jika curah hujan sedikit di area tersebut, Anda dapat menjaga kelembapan kayu gelondongan. Faktanya, ini adalah bagian tersulit dari menanam jamur shiitake di batang kayu. Anda mungkin harus melalui beberapa langkah percobaan dan kesalahan sebelum melakukannya dengan benar.

Pertumbuhan jamur

Terakhir, jamur shiitake akan tumbuh di batang kayu dalam jangka waktu enam sampai dua belas bulan. Jika Anda cukup beruntung, produksi dapat berlanjut hingga musim semi. Anda dapat mengharapkan pertumbuhan selama sekitar tiga sampai empat tahun sampai selulosa dari log dikonsumsi sepenuhnya dan mempersiapkan penjualan komersial jika Anda mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *