7 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop Anda

1. Aktifkan mode penghemat baterai

Semua laptop dilengkapi dengan mode penghemat baterai atau mode ekonomi yang menempatkan mesin dalam kondisi daya rendah. Prosesor, memori, hard disk, dll. semuanya mulai mengurangi konsumsi daya dengan menurunkan kinerja. Ini akan menambah waktu yang dibutuhkan baterai untuk habis.

2. Kurangi kecerahan layar

Seperti halnya perangkat elektronik apa pun, termasuk ponsel, Anda perlu mengurangi kecerahan layar laptop Anda. Bahkan, jika baterai hampir habis, turunkan ke setelan terendah. Sebagian besar layar laptop modern ditenagai oleh LED yang menyediakan lampu latar.

3. Matikan perangkat yang tidak digunakan

Wi-Fi dan Bluetooth adalah perangkat nirkabel yang menghabiskan banyak daya baterai, jadi matikan saat Anda tidak menggunakannya. Selain itu, kartu grafis berperforma tinggi (jelas tidak diperlukan untuk presentasi), satu atau lebih port USB (kebanyakan laptop memiliki beberapa port, sehingga Anda dapat mematikannya. Anda juga dapat mematikan periferal yang tidak digunakan seperti (Anda dapat ). , Dan drive optik yang kurang dimanfaatkan.

4. Kurangi resolusi

Laptop modern memiliki layar resolusi tinggi yang menghabiskan banyak daya baterai. Mengurangi resolusi ke resolusi dasar saat Anda ingin meningkatkan masa pakai baterai adalah cara yang efisien untuk mengurangi konsumsi daya.

5. Matikan lampu latar keyboard

Kecuali Anda memiliki laptop dengan keyboard dengan lampu latar, mematikan lampu latar akan membuat baterai lebih lama terkuras.

6. Tutup semua aplikasi dan proses yang tidak perlu

Komponen yang mengkonsumsi baterai tidak hanya perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Oleh karena itu, mulailah dengan menutup semua program yang berjalan di latar belakang. Misalnya, Anda dapat menutup proses yang terkait dengan suara, pemutar musik, pemutar video, atau layanan cloud dengan aman.

Baca Juga:  Cara Membimbing Anak Selama Sekolah Online

7. Jangan terlalu panaskan laptop Anda

Apakah Anda menggunakan laptop di tempat tidur, selimut, atau bantal? Jika demikian, ada risiko merusak baterai dan komponen internal. Panas yang berlebihan tidak hanya menyebabkan kerusakan, tetapi juga memperpendek umur baterai. Oleh karena itu, letakkan laptop Anda di permukaan yang keras seperti meja atau meja, dan jika Anda malas, gunakan meja portabel seperti laptop.

Selain itu, debu dan kotoran menumpuk di ventilasi laptop, kipas, dan ventilasi, mencegah panas keluar. Tiup ventilasi dengan udara terkompresi untuk meningkatkan kinerja laptop dan membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Laptop mahal dan tidak memiliki jari kaki. Ini banyak uang tunai yang diperoleh dengan susah payah dari saku Anda. Namun, ini sangat berguna dan dapat menyimpan banyak data pribadi bersama dengan foto dan video yang tidak ingin Anda hilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *