5 Tool Terbaik Untuk Pengembang Aplikasi Java

Saat ini, Java lebih populer daripada bahasa pemrograman lainnya. Ini juga merupakan bahasa pemrograman yang digunakan secara luas oleh pengembang untuk membangun aplikasi GUI desktop, aplikasi web, layanan web, dan aplikasi seluler. Tetapi para pengembang masih membutuhkan kerangka kerja, IDE, dan alat pengembangan yang kuat untuk menulis aplikasi di Java dengan cepat dan efisien. Setiap pengembang juga memiliki opsi untuk memilih dari banyak kerangka kerja Java, IDE, dan alat pengembangan sesuai dengan kebutuhan spesifiknya.

Ikhtisar 5 Kerangka Kerja Java, IDE, dan Alat Pengembangan yang Banyak Digunakan

1) Musim Semi MVC

Spring adalah salah satu kerangka kerja web Java yang matang dan populer yang tersedia di pasar. Selain mendukung paradigma pengembangan perangkat lunak model-view-controller (MVC), Spring juga menyederhanakan tugas pemrograman umum seperti integrasi database, pembuatan layanan web, dan keamanan. Pemrogram juga memiliki opsi untuk menggunakan Spring Boot untuk membuat aplikasi web Java yang dapat digunakan tanpa berurusan tanpa konfigurasi XML yang rumit. Spring Boot selanjutnya hadir dengan sejumlah fitur siap produksi seperti health check, metrik, dan konfigurasi eksternal. Versi terbaru dari kerangka lebih lanjut dilengkapi dengan alat baris perintah yang memungkinkan pemrogram untuk menjalankan skrip Groovy, dan aplikasi web prototipe dengan cepat menggunakan Spring.

2) JavaServer Faces Technology (JSF)

Oracle telah mengembangkan JavaServer Faces Technology (JSF) sebagai kerangka web resmi Java EE. Kerangka kerja yang dikembangkan melalui proses komunitas Java membantu pemrogram untuk membuat antarmuka pengguna sisi server dengan cepat. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat situs web dengan cepat dengan menjaga lapisan presentasi terpisah dari logika aplikasi. Pengembang bahkan dapat menggunakan tag komponen JavaServer Faces UI untuk menghubungkan logika aplikasi dan lapisan presentasi proyek tanpa menulis kode tambahan. Anggota komunitas juga menyediakan JavaServer Faces API baru secara berkala untuk menyederhanakan proses pengembangan aplikasi web Java.

Baca Juga:  4 Alasan Penting Menggunakan Jasa Agensi Pemasaran Digital

3) Vaadin

Vaadin memudahkan programmer untuk menulis komponen sisi server dari aplikasi web satu halaman di Java. Pengembang juga dapat menggunakan Vaadin untuk mengembangkan UI web dengan HTML. Mereka selanjutnya dapat memanfaatkan Elemen Vaadin yang kuat yang berisi berbagai elemen HTML yang disesuaikan untuk aplikasi bisnis. Mereka bahkan dapat menggunakan komponen seperti bagan, kisi data, dan kotak kombo untuk memperluas pustaka Google Polymer. Alat yang disediakan oleh Vaadin Pro lebih lanjut membantu pengembang untuk membuat aplikasi web mereka lebih interaktif dan ramah seluler, serta mengurangi waktu pengkodean secara signifikan.

4) Perangkat Web Google (GWT)

Toolkit web dari Google membantu pengembang untuk membuat aplikasi web lebih responsif dengan mengkompilasi kode Java ke dalam JavaScript. Karena JavaScript didukung oleh setiap browser web modern, kompilasi meningkatkan aksesibilitas dan kinerja situs web. SDK GWD menyertakan kompiler dan server pengembangan, bersama dengan Java API dan widget inti. Komponen ini memungkinkan pengembang untuk menulis aplikasi sisi klien di Java, dan kemudian menyebarkan kode frontend sebagai JavaScript. Pada saat yang sama, kompiler GWT mengoptimalkan basis kode dengan menghapus kode mati dan mengurangi kemacetan kinerja.

5) Grails

Grails adalah versi Ruby on Rails untuk platform Java yang ditulis dalam bahasa pemrograman Groovy. Pemrogram dapat mengintegrasikan Grails secara mulus dengan Java Virtual Machine (JVM). Mereka juga memiliki opsi untuk memperluas dan meningkatkan kerangka kerja dengan membuat plug-in khusus atau menggunakan plug-in yang ada. Pada saat yang sama, mereka juga dapat memanfaatkan beberapa fitur lanjutan yang disediakan oleh kerangka kerja termasuk dukungan NoSQL, ORM terintegrasi, pemrograman asinkron, dan pemrograman meta waktu kompilasi. Pengguna juga dapat memanfaatkan bahasa khusus domain untuk menjalankan kueri, validasi, dan rendering markup.

Baca Juga:  Meningkatkan Profit dengan Mengembangkan Perangkat Lunak Java

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *