5 Manfaat Ekstrak Pupuk Rumput Laut Untuk Tanaman

Pupuk rumput laut masuk dalam daftar pupuk organik. Mereka diproduksi ketika rumput laut tumbuhan laut diproses sebagai bahan baku utama. Juga, bahan utama adalah bahan organik yang diperoleh dari rumput laut. Pada artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa manfaat pupuk ekstrak rumput laut untuk tanaman. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Kaya Nutrisi

Pertama-tama, jenis pupuk ini banyak mengandung bahan organik bebas nitrogen, yang mengandung sebanyak 40 jenis mineral. Mereka termasuk banyak vitamin, yodium, seng, zat besi, magnesium, kalsium, dan kalium.

Selain itu, kaya akan asam alginat, yang merupakan asam lemak tak jenuh yang dapat mengatur pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produksi faktor aktif di banyak tanaman. Selain itu, nutrisi ini dapat membantu menjaga keseimbangan berbagai elemen endogen.

2. Penyerapan Mudah

Dalam pupuk rumput laut, bahan aktif menjadi aktif hanya ketika mereka telah dirawat. Setelah diterapkan, mereka diserap oleh tanaman dalam 2 hingga 3 jam. Selain itu, mereka menyerap nutrisi lebih cepat.

Misalnya, asam alginat dapat mengurangi tegangan permukaan air dan menciptakan lapisan film pada permukaan tanaman. Selain itu, dapat meningkatkan area kontak, yang memungkinkan air masuk ke sel daun dan batang lebih cepat. Oleh karena itu, tanaman dapat menyerap nutrisi dengan lebih mudah.

3. Perbaikan Tanah

Penting untuk diingat bahwa ekstrak pupuk rumput laut adalah jenis mekanisme biologis alami yang bekerja dengan ekosistem tanaman dan tanah. Selain itu, dapat membantu meningkatkan bahan organik di dalam tanah. Apa yang terjadi adalah mengaktifkan berbagai mikroorganisme di dalam tanah.

Hal yang baik adalah bahwa mikroorganisme ini dapat berfungsi seperti katalis dalam hal sirkulasi metabolit atau tanaman dan mikroba. Akibatnya, proses ini dapat meningkatkan efektivitas biologis tanah.

Baca Juga:  4 Aksesoris USB-C yang Berguna untuk Laptop

4. Aktivasi Bahan Organik Tanah

Hal yang baik adalah bahwa pupuk rumput laut dapat meningkatkan bahan organik tanah melalui tanaman atau tanah. Selain itu, dapat mengaktifkan banyak mikroorganisme baik yang ditemukan di tanah. Hal yang baik adalah bahwa mikroorganisme ini bekerja seperti katalis dan meningkatkan sirkulasi metabolit. Dan semua ini dapat membantu meningkatkan efisiensi biologis tanah.

Penting untuk dicatat bahwa metabolit tanaman dapat membantu tanaman mendapatkan lebih banyak nutrisi. Selain itu, sistem khelasi yang dibuat oleh asam humat dan polisakarida rumput laut dapat membantu melepaskan banyak nutrisi secara perlahan dan meningkatkan efisiensi pemupukan.

5. Tidak Beracun

Karena bahan baku pupuk rumput laut diperoleh dari rumput laut alami, ini adalah pilihan yang cocok untuk tanaman darat. Juga, itu tidak beracun dan tidak membahayakan ternak atau manusia. Plus, itu tidak menghasilkan polusi di lingkungan.

Jika Anda ingin menghasilkan sayuran yang tidak berbahaya, kami sarankan Anda memilih pupuk berkualitas tinggi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *